Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan




Muatan Gizi serta Faedah Buah Anggur Buat Kesehatan. Anggur adalah tanaman buah berbentuk perdu menjalar yang termasuk juga ke keluarga Vitaceae.Buah ini umumnya dipakai untuk bikin juice anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur serta kismis, atau dikonsumsi langsung. Buah ini dikenal juga sebab memiliki kandungan banyak senyawa polifenol serta resveratol yang berperanan aktif dalam beberapa metabolisme badan, dan dapat menahan terciptanya sel kanker serta beberapa penyakit yang lain. Kesibukan ini berkaitan adanya senyawa metabolit sekunder di buah anggur yang berperanan untuk senyawa anti-oksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

Tanaman ini telah dibudidayakan semenjak 4000 SM di Timur Tengah. Namun, proses pemrosesan buah anggur jadi minuman anggur baru diketemukan di tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Cuma beberapa saat berlalu, proses pemrosesan ini selekasnya menyebar luas ke beberapa seluruh dunia, dari mulai wilayah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, serta Austria. Penebaran buah ini bertumbuh samakin cepat adanya perjalanan Colombus yang bawa buah ini mengelilingi dunia.




Nilai muatan gizi Anggur per 100 g (3.5 oz)

Energi 288 kJ (69 kcal)

Karbohidrat 18.1 g

Gula 15,48 g

Diet serat 0,9 g

Lemak 0,16 g

Protein 0,72 g

Thiamine (Vit. B1) 0.069 mg (5%)

Riboflavin (Vit. B2) 0,07 mg (5%)

Niacin (Vit. B3) 0.188 mg (1%)

Asam pantotenat (B5) 0,05 mg (1%)

Vitamin B6 0,086 mg (7%)

Folat (Vit. B9) 2 mg (1%)

Vitamin B12 0 mg (0%)

Vitamin C 10,8 mg (18%)

Vitamin K 22 mg (21%)

Kalsium 10 mg (1%)

Besi 0,36 mg (3%)

Magnesium 7 mg (2%)

Mangan 0,071 mg (4%)

Fosfor 20 mg (3%)

Kalium 191 mg (4%)

Natrium 3,02 mg (0%)

Seng 0,07 mg (1%)

Faedah Buah Anggur Buat Kesehatan

Anggur mempunyai banyak faedah kesehatan sebab memiliki kandungan beberapa tipe senyawa metabolit sekunder, khususnya kelompok flavonoid serta antosianin, dan resveratol. Riset lain mengutarakan jika senyawa aktif di anggur dapat tingkatkan kerja sel endotelial yang berperanan dalam membuat lancar saluran darah dalam arteri berkaitan dengan kesibukannya pada beberapa sel otot halus. Lewat proses ini, efek terserang penyakit serangan jantung bisa menyusut. Disamping itu, anggur memiliki kandungan banyak senyawa anti-oksidan yang daya kerjanya semakin kuat dibanding vitamin C serta vitamin E. Di pada tubuh, senyawa flavonoid anggur bisa tingkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus juga turunkan trigliserida yang tersebar di darah.

Rupanya kecuali enak serta fresh buah anggur memiliki banyak manfaat serta faedah untuk kesehatan badan kita salah satunya:

1. Anti bakteri

Anggur merah mempunyai muatan antibakterial serta antivirus yang kuat, hingga bisa membuat perlindungan badan dari infeksi.

2. Asma

Anggur berkekuatan assimilatory yang bisa tingkatkan kandungan air dalam paru-paru. Ini benar-benar baik buat pasien asma sebab bisa kurangi permasalahan sesak napas.

3. Menahan katarak

Anggur memiliki kandungan flavonoid yang kaya anti-oksidan, yang bisa kurangi serta menantang kerusakan yang dikarenakan oleh radikal bebas seperti katarak.

4. Kanker payudara

Riset memperlihatkan jika juice anggur yang berwarna ungu menolong dalam menahan kanker payudara yang dengan cara relevan kurangi massa tumor pada payudara.

5. Sembelit

Anggur memiliki kandungan asam organik, gula, selulosa yang diketahui untuk pencahar. Faedah ini benar-benar bagus untuk menangani keluh kesah sembelit atau sulit buang air besar.

6. Penyakit jantung

Tingkat oksida nitrat dalam darah akan bertambah saat Anda konsumsi buah anggur, yang berguna untuk menahan pembekuan serta kurangi efek penyakit jantung. Antioksidannya dapat hentikan oksidasi cholesterol LDL yang menghalangi pembuluh darah.

7. Migrain

Minum juice anggur murni tanpa ada kombinasi air di tiap pagi bisa mengobati penyakit migrain atau sakit di kepala samping.

8. Pencernaan

Jika Anda menanggung derita masalah pencernaan, sebaiknya Anda konsumsi anggur. Anggur bagus untuk menangani permasalahan perut yang lain.

9. Masalah ginjal

Anggur bisa menolong singkirkan asam pada ginjal. Ini bermakna kurangi masalah pada desakan ginjal.

10. Cholesterol darah

Anggur memiliki kandungan senyawa yang disebutkan pterostilbene, yang mempunyai kemampuan untuk turunkan tingkat cholesterol. Saponin yang ada pada kulit anggur dapat menahan penyerapan cholesterol.

Postingan populer dari blog ini

Buah Pinang Muda Yang Bermanfaat

Kekayaan Manfaat Buah Apel

9 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan