9 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan




Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan. Tentu sahabat telah mengenali bengkoang, umbi yang ini biasa tampil di iklan tv untuk bahan untuk kesehatan kulit. Bengkong ini dapat di mengonsumsi serta rasa-rasanya juga enak buat saya, gak tahu deh buat rekan-rekan lainnya hehe. Bengkoang termasuk dalam tipe umbi-umbian.

Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) diketahui dari umbi (cormus) putihnya yang dapat dikonsumsi untuk elemen rujak serta asinan atau dibuat masker untuk beri kesegaran muka serta memutihkan kulit. Tumbuhan yang datang dari Amerika tropis ini termasuk juga dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Dalam tempat aslinya, tumbuhan ini diketahui untuk xicama atau jícama. Orang Jawa mengatakan untuk besusu.

Umbinya memiliki kandungan gula serta pati dan fosfor serta kalsium. Umbi ini mempunyai dampak pendingin sebab memiliki kandungan kandungan air 86-90%. Rasa manis datang dari satu oligosakarida yang disebutkan inulin (bukan insulin), yang tidak dapat diolah badan manusia. Karakter ini bermanfaat buat pasien diabetes atau orang yang berdiet rendah kalori.


Muatan Gizi Yang Ada Dalam Bengkoang

Dalam riset pada 100 gr bengkoang memiliki kandungan muatan gizi seperti berikut :

Vitamin B1 = 0,04 mg

Vitamin C = 20 mg

Energi = 55 kkal

Zat Besi = 1 mg

Protein = 1,4 gr

Lemak = 0,2 gr

Karbohidrat = 12,8 gr

Kalsium = 15 mg

Fosfor = 18 mg

Faedah Bengkoang Buat Kesehatan

1. Bengkoang bisa kurangi produksi asam lambung

Bengkoang memiliki karakter alkali yang berperan untuk pendingin atau penyerap asam lambung secara cepat.

2. Benkoang baik dikonsumsi oleh pasien diabetes / kencing manis

muatan inulin yang ada dalam bengkoanglah yang membuat bengkoang berasa manis. Inulin tidak bisa diolah oleh enzim dalam usus manusia hingga dapat jaga kandungan gula pada tubuh supaya masih normal walau rasa-rasanya manis.

3. Bengkoang bisa menyembuhkan sariawan serta untuk anti-oksidan 

Muatan vitamin C dalam bengkoang benar-benar bagus untuk anti-oksidan atau untuk obat sariawan. Disamping itu bengkoang dapat turunkan kandungan cholesterol dalam darah anda.

Baca : Faedah Buah Manggis Buat Kesehatan

4. Bengkoang bisa membuat lancar pencernaan

Inulin dalam bengkoang memiliki karakter untuk serat makanan, karakter ini punya pengaruh pada peranan usus serta perbaikan patokan dalam darah. Hingga bengkoang benar-benar bagus untuk membuat lancar pencernaan.

5. Bengkoang bisa sehatkan tulang serta gigi

Muatan fosfor serta kalsium dalam bengkoang benar-benar baik utnuk perkembangan tulang serta gigi.

6. Bengkoang bisa kurangi dampak menopause (keriput / kerutan)

Untuk kurangi peluang terserang dampak menopause badan memerlukan fitoestrogen, serta fitoestrogen ada pada bengkoang. Konsumsi fitoestrogen yang cukup akan membuat kulit anda masih sehat serta fresh.

7. Bengkoang bisa menyembuhkan beri-beri

Muatan vitamin B1 pada bengkoang bisa menahan penyakti Beri-beri.

8. Masker Bengkoang bisa hilangkan vlek hitam serta bercak di wajah

Bengkoang bisa hilangkan vlek hitam / bercak di wajah anda. Untuk pemakaiannya cukup parut bengkoang serta haluskan selanjutnya dibuat masker.

9. Bengkoang bisa membuat lancar ASI

Serta faedah paling baru Bengkoang yang di dapatkan oleh pemuda dari wilayah Nganjuk yang namanya Nur Alim. saat itu salah salah satunya keponakannya yang selesai melahirkan tetapi ASI tidak bisa keluar telah beberapa langkah sudah dilaksanakan dari minum beberapa obat serta semua jenis pilihan. Nur Alim pada akhirnya coba memberi Bengkong pada keponakanya Wallahu Alam saat itu ASI dari keponakanya itu keluar Seperti air keran yang mengucur deras. yang mana Bengkoang dapat menyuburkan ASI pada Ibu.

Baca : Faedah Buah Pir Buat Kesehatan

Bahaya serta Faedah Biji Bengkoang

Meskipun umbinya bisa dikonsumsi, sisi bengkuang lainnya benar-benar beracun sebab memiliki kandungan rotenon, sama dengan tuba. Toksin ini seringkali digunakan untuk membunuh serangga atau tangkap ikan, khususnya yang diambil dari biji-bijinya.

Walau beracun, biji bengkuang juga bisa dibuat bahan obat. Biji yang ditumbuk serta digabung dengan belerangdigunakan untuk mengobati semacam kudis. Sesaat, di Jawa Tengah, 1/2 butir biji bengkuang bisa dipakai untuk obat urus-urus. Keracunan biji bengkuang umumnya ditangani dengan minum air kelapa hijau serta bisa dipakai untuk mempelancar buang air besar sebab bengkuang memiliki kandungan serat yang semakin tinggi dibanding mangga.

Itu beberapa faedah dari buah serta biji bengkoang, mudah-mudahan berguna

Sumber rujukan :

http://id.wikipedia.org/wiki/Bengkuang 

http://www.constiti.com/2013/05/manfaat-bengkoang-bagi-kesehatan.html 

http://kesehatan.kompasiana.com/pilihan/2012/03/14/manfaat-terbaru-bengkoang-menyuburkan-asi-ibu-446796.html Sharing this post

Postingan populer dari blog ini

Buah Pinang Muda Yang Bermanfaat

Kekayaan Manfaat Buah Apel